Jurnal VOLT PTE FKIP Untirta Gelar Workshop Pengelolaan Jurnal Menuju Terakreditasi - Mustofa Abi Hamid's Blog

Update

Thursday, June 7, 2018

Jurnal VOLT PTE FKIP Untirta Gelar Workshop Pengelolaan Jurnal Menuju Terakreditasi

Kota Serang. Pengelola Jurnal VOLT (Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro) dari Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menggelar Workshop Pengelolaan Jurnal Menuju Terakreditasi dan Workshop Penulisan Manuscript Artikel Jurnal Ilmiah pada Rabu (30/04).
Para Narasumber Workshop
Workshop ini dibuka oleh Wakil Dekan I FKIP Untirta, Dr. Suroso Mukti Leksono, M.Si. Dalam sambutannya, Suroso menyampaikan bahwa saat ini jurnal-jurnal yang dikelola oleh prodi/jurusan di FKIP Untirta, yaitu sebanyak 17 jurnal dari 19 jurnal telah terindeks DOAJ (indeks tingkat sedang). Ini merupakan capaian yang cukup menggembirakan, sehingga pada tahun ini pengelola jurnal FKIP yang berasal dari PTN  se-Indonesia “belajar” mengelola jurnal ke FKIP Untirta. Oleh karena itu, FKIP mendukung penuh agar seluruh jurnal di FKIP ini mengajukan akreditasi apabila sudah memenuhi syarat untuk dilakukan akreditasi melalui Arjuna Ristekdikti.
Editor-in-Chief Journal VOLT
Editor-in-Chief Jurnal VOLT PTE, Mustofa Abi Hamid, M.Pd sekaligus ketua pelaksana workshop ini mengungkapkan bahwa Workshop Pengelolaan Jurnal Menuju Terakreditasi ini diperlukan oleh pengelola jurnal (dewan redaksi) untuk mengelola jurnal secara profesional menggunakan Open Journal System (OJS) Online. Dalam mengelola jurnal memang diperlukan kegigihan, profesionalitas, dan manajemen yang baik sehingga nantinya saat dilakukan akreditasi maka jurnal tersebut akan mendapatkan poin akreditasi yang maksimal. Pengelolaan jurnal yang baik juga akan meningkatkan kualitas jurnal tersebut. Selain itu, di sisi lain juga diperlukan artikel ilmiah yang berkualitas dari penulis jurnal. Oleh karena itu, workshop ini juga membahas tentang bagaimana menulis manuscript artikel jurnal ilmiah yang baik sesuai dengan standar internasional bagi penulis jurnal.
Yus Rama Denny, Ph.D. sedang menyampaikan materi
        Narasumber workshop ini adalah Harry Budi Santoso, Ph.D. yang merupakan editor-in-chief Jurnal Sistem Informasi Universitas Indonesia sekaligus Kepala Laboratorium Digital Library dan Distance Learning di Fakultas Ilmu Komputer UI. Narasumber kedua adalah Yus Rama Denny, Ph.D yang merupakan dosen sekaligus Sekretaris Jurusan Fisika FKIP Untirta yang produktif dalam menulis artikel ilmiah pada jurnal internasional bereputasi.
Harry Budi Santoso, Ph.D.
Peserta Workshop
Penyerahan Cinderamata kepada Narasumber oleh Ketua Jurusan PTE
Peserta Workshop bersama Narasumber
Peserta Workshop
Panitia foto bersama narasumber
         Sebelumnya, Jurnal VOLT yang dikelola oleh prodi PTE FKIP Untirta ini memenangkan Hibah Bantuan Terbitan Berkala Ilmiah (BTBI) Tahun 2018 dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Jurnal VOLT termasuk dalam 48 jurnal yang lolos didanai dari 307 jurnal yang diseleksi secara ketat oleh Kemristekdikti.

       “Pada tahun 2018 ini, kami mendapatkan hibah BTBI sebesar  Rp 40 juta dari Kemristekdikti. Ini menjadi motivasi bagi kami untuk membawa jurnal VOLT PTE ini menjadi jurnal yang terakreditasi. Target kami pada awal tahun 2019, jurnal VOLT PTE terakreditasi  nasional oleh Kemristekdikti,” ungkap Mustofa Abi Hamid selaku editor-in-chief Jurnal VOLT PTE.

Sumber:
https://untirta.ac.id/berita/2103
http://bantenraya.com/berita/2018/06/06/1262/fkip-untirta-gelar-workshop-pengelolaan-jurnal-menuju-terakreditasi

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad