Menanti Panggilan Latsar CPNS Golongan III - Mustofa Abi Hamid Official Site

Update

Tuesday, January 15, 2019

Menanti Panggilan Latsar CPNS Golongan III

Setelah setahun lalu dinyatakan lulus seleksi tahap akhir pada Desember 2017 sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) / Aparatur Sipil Negera (ASN), hal yang membuat harap-harap cemas adalah menanti panggilan untuk mengikuti Latihan Dasar (Latsar) CPNS. 

Saya mendapatkan SK CPNS sebagai dosen Golongan IIIb/Penata Muda Tk. 1 dengan jabatan fungsional Asisten Ahli pada Maret 2018 lalu. Nah, salah satu syarat agar dapat diangkat dari CPNS menjadi PNS/ASN maka harus lulus Latsar. Sesuai dengan pasal 65 dalam UU ASN, Calon PNS yang diangkat menjadi PNS harus memenuhi persyaratan yaitu lulus pendidikan dan pelatihan serta sehat jasmani dan rohani. Calon PNS yang telah memenuhi persyaratan diangkat menjadi PNS oleh Pejabat Pembina Kepegawaian sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan-undangan. Jadi,  seorang CPNS harus lulus latsar agar dapat diangkat menjadi PNS. CPNS yang tidak memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud dalam pasal 65 UU ASN maka statusnya adalah diberhentikan sebagai calon PNS.

Pelaksanaan latsar ini dilandasi pada UU No. 5 Tahun 2014 tentang ASN, dan Peraturan LAN No. 24 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Dasar Calon PNS Golongan II, dan Peraturan LAN No. 25 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Dasar Calon PNS Golongan III.

Iseng, saya mengintip website resmi Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sudah merilis jadwal tentatif pelaksanaan Latsar CPNS Tahun 2019 ini, yaitu dimulai antara bulan Februari hingga Desember 2019. Terlampir. 
Dikarenakan kuota untuk peserta Latsar dibatasi setiap tahunnya untuk masing-masing kampus, maka pelaksanaan Latsarnya pun dilakukan secara bergiliran berdasarkan umur peserta. Yang umurnya lebih muda, urutan Latsarnya terakhiran. Saya paling muda diantara teman-teman CPNS yang seangkatan dengan saya di tahun 2017. Dari 10 orang CPNS Dosen Untirta, baru 2 orang yang sudah melaksanakan Latsar di Gelombang kedua dan ketiga tahun 2018 lalu. Semoga tahun 2019 ini giliran saya dipanggil Latsar agar segera resmi 100% menjadi ASN yang siap mengabdi pada negeri, bangsa dan negara ini.
Jadwal Kegiatan Pelatihan Tahun 2019 di Pusdiklat Kemenristekdikti dari laman http://pusdiklat.ristekdikti.go.id/kalender-diklat/


Kota Serang, 16 Januari 2019

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here