Penarikan Mahasiswa dan Penutupan PLP di SMK S YP Fatahillah 1 Kramatwatu - Mustofa Abi Hamid's Blog

Update

Sunday, October 27, 2019

Penarikan Mahasiswa dan Penutupan PLP di SMK S YP Fatahillah 1 Kramatwatu

Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) --dulu PPLK (Program Pengalaman Lapangan Kependidikan)-- yang dilaksanakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa di SMK S YP Fatahillah 1 Kramatwatu resmi ditutup pada Sabtu (26/10/2019) kemarin. Acara penarikan dan penutupan PLP ini dihadiri oleh Koordinator Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Mustofa Abi Hamid, S.Pd., M.Pd.T., DPL Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin (PVTM) Atep Iman, S.Pd., M.Pd., kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru pamong, dewan guru, staf, dan para mahasiswa peserta PLP. 

Dalam sambutannya, kepala sekolah menyampaikan terima kasih kepada FKIP Untirta atas kepercayaannya kepada SMK YP Fatahillah 1 Kramatwatu sebagai sekolah mitra PLP. Ini merupakan tahun kedua SMK YP Fatahillah 1 Kramatwatu kedatangan mahasiswa/i PLP dari FKIP Untirta. Kepala sekolah juga memberikan nasihat kepada mahasiswa/i peserta PLP yang notabene adalah calon guru, sebagai para penerus bapak dan ibu guru di sekolah harus profesional dan ikhlas dalam mendidik siswa/i, apalagi siswa SMK yang secara khusus memiliki karakteristik yang berbeda dengan siswa/i SMA. Untuk itu, calon guru harus mampu mengelola kelas, mendidik siswa, dan membelajarkan materi di kelas dengan baik. Tak lupa kepala sekolah meminta maaf apabila dalam berbagai hal masih banyak kekurangan yang ditemukan selama proses PLP ini.

Memberikan sambutan dan menutup rangkaian kegiatan PLP di SMK YP Fatahillah 1 Kramatwatu
Koordinator DPL PLP SMK YP Fatahillah 1 Kramatwatu, Mustofa Abi Hamid dalam sambutannya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak sekolah, mulai dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru pamong, dewan guru, staf, siswa, dan seluruh warga sekolah atas partisipasinya dalam menyukseskan program PLP ini. Terima kasih atas kesediaan menjadi sekolah mitra, membimbing para mahasiswa peserta PLP serta bantuan lainnya sehingga program PLP dapat berjalan dengan lancar.
Pemberian cindera mata kepada kepala sekolah

PLP ini suatu tahapan dalam proses penyiapan guru profesional pada jenjang Program Sarjana Pendidikan, berupa penugasan kepada mahasiswa untuk mengimplementasikan hasil belajar melalui pengamatan proses pembelajaran di sekolah/lembaga pendidikan, latihan mengembangkan perangkat pembelajaran, dan belajar mengajar terbimbing, serta disertai tindakan reflektif di bawah bimbingan dan pengawasan dosen pembimbing dan guru pamong secara berjenjang. 

Setelah mengikuti kegiatan PLP ini para mahasiswa diharapkan dapat memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi yang disertai dengan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir tingkat tinggi melalui kegiatan di sekolah, seperti: 1. menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru; 2. menelaah strategi pembelajaran yang digunakan guru; 3. menelaah sistem evaluasi yang digunakan guru; 4. membantu guru dalam mengembangkan RPP, media pembelajaran, bahan ajar, dan perangkat evaluasi; 5. menelaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran; 6. latihan mengajar dengan bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing PLP II, dengan tujuan merasakan langsung proses pembelajaran, serta pemantapan jati diri calon pendidik; 7. melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan
kegiatan ekstrakurikuler; dan 8. membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administasi guru.

Selain itu, mahasiswa harus menerapkan kompetensi yang telah didapatkan selama pembelajaran di kampus meliputi kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian dalam pelaksanaan PLP ini. Karena, selama ini mahasiswa mengajar masih sebatas pengajaran mikro (microteaching), walaupun kondisi kelas microteaching dibuat semirip mungkin dengan kondisi real di sekolah namun tentu saja terdapat perbedaan pada saat terjun langsung mengajar di sekolah. 

Bersama mahasiswa/i peserta PLP

Bersama kepala sekolah, guru pamong, dan mahasiswa/i peserta PLP
Serang, 26 Juni 2019

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad