RUJUKAN (Rumah Jurnal Keilmuan); Layanan Gratis untuk Pengelola Jurnal Elektronik - Mustofa Abi Hamid Official Site

Update

Saturday, June 23, 2018

RUJUKAN (Rumah Jurnal Keilmuan); Layanan Gratis untuk Pengelola Jurnal Elektronik

Dalam rangka peningkatan jumlah jurnal ilmiah elektronik (e-jurnal) di Indonesia sehingga dapat terakreditasi nasional dan bereputasi internasional sebagai wadah publikasi Dosen Peneliti dan Mahasiswa, Kemenristekdikti dan LIPI telah mempelajari beberapa kendala, salah satu diantaranya yaitu tidak tersedianya infrastruktur berupa aplikasi jurnal dan hosting serta SDM yang mumpuni untuk mengelola e-jurnal.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka Pihak LIPI telah menyediakan infrastuktur yang diberi nama berupa RUJUKAN (Rumah Jurnal Keilmuan).  RUJUKAN merupakan layanan pengelolaan aplikasi penerbitan jurnal secara elektronik (e-journal) diselenggarakan atas kerjasama LIPI dan Kemristekdikti untuk memfasilitasi Pengelola jurnal yang memerlukan infrastruktur server dan aplikasi pengelolaan penerbitan jurnal. Pengguna layanan RUJUKAN adalah penerbit jurnal yang memunyai permasalahan terkait infrastruktur hosting, domain dan tim IT. LIPI akan menyediakan aplikasi yang telah terinstal di server LIPI dan para pemakai dapat langsung menggunakannya. Layanan diutamakan untuk yang memiliki permasalahan tersebut dan untuk e-jurnal yang sudah memiliki pengelolaan yang baik tidak disarankan untuk menggunakan layanan ini.
Layanan yang dapat diberikan oleh RUJUKAN berupa Cloud OJS, domain, helpdesk, dan training. Cloud OJS merupakan layanan software as a service dengan menggunakan aplikasi Open Journal System yang terinstal pada Server LIPI. Cloud OJS yang dapat digunakan oleh pengelola jurnal untuk menjalankan e-journal dan Pihak Kemenristekdikti memberikan fasilitasi kegiatan pelatihan dalam penggunaan infrastuktur cloud OJS dan tata kelola jurnal elektronik. Pengelola e-jurnal yang belum memiliki server atau belum menyewa server dapat mengajukan permohonan untuk menggunakan layanan Cloud OJS ini, selain itu dapat juga migrasi dari server yang lama ke server LIPI ini. Dengan layanan ini pengguna akan di-install-kan aplikasi OJS di server LIPI dan diberikan akun login sebagai administrator untuk dikonfigurasi dan dikembangkan prosesnya kemudian. Namun tidak akan diberikan akses ke pengelolaan server (misalnya CPanel atau Webmin).
Layanan berikutnya adalah domain. Layanan ini berupa penggunaan sub domain dari domain e-journal.id untuk jurnal-jurnal yang belum memiliki domain, sehingga jurnal dapat segera di-online-kan. Apabila telah memiliki domain atau sub domain dari domain di institusinya bisa langsung diarahkan ke server LIPI, namun apabila belum memiliki domain maka LIPI menyediakan sub domain pada domain e-journal.id. Pada beberapa kasus ada permohonan migrasi aplikasi yang sudah ada untuk dipindah ke server LIPI. LIPI melayani migrasi secara bersama-sama dengan pengelola lama untuk memindahkan aplikasi dan data dari server lama dan dipindahkan sesuai versi OJS nya ke server LIPI.
Selain itu, RUJUKAN juga menyediakan layanan Helpdeks, yaitu layanan pendukung pendampingan pengelolaan e-jurnal yang berhubungan dengan Teknologi Informasi. Serta layanan training, yaitu layanan pendampingan dalam pengunaan layanan dan pelatihan tata kelola konfigurasi jurnal elektronik.

RUJUKAN akan segera dilaunching pada tanggal 4 Juli 2018 di Kemristekdikti pada event Sinta Award. Tertarik untuk menggunakan layanan tersebut? Silakan registrasi dengan mengisi form pada link ini


Lampung Timur, 23 Juni 2018
abihamid.com 

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here