Penyerahan Mahasiswa/i PPLK FKIP Untirta di SMK Negeri 2 Pandeglang - Mustofa Abi Hamid Official Site

Update

Saturday, September 15, 2018

Penyerahan Mahasiswa/i PPLK FKIP Untirta di SMK Negeri 2 Pandeglang

Rabu (12/9) acara pelepasan peserta Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) yang dilepas secara langsung oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Untirta, Dr. H. Aceng Hasani, M.Pd. didampingi oleh Ketua Unit PPLK FKIP Untirta, Dr. Anwar Muttaqin, M.Si. digelar di halaman kampus FKIP Ciwaru. Secara simbolis, kegiatan PPLK telah dimulai pada hari ini ditandai dengan diterbangkannya balon ke udara oleh peserta mahasiswa/i PPLK FKIP Untirta tahun akademik 2018.
PPLK di SMK Negeri 2 Pandeglang
Usai pelepasan di kampus, mahasiswa/i peserta PPLK ini kemudian diserahterimakan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kepada pihak sekolah yang menjadi mitra FKIP Untirta untuk pelaksanaan PPLK ini. Mahasiswa/i ini ditempatkan di beberapa sekolah yang sudah menjalin kerjasama (MoU) dengan pihak FKIP Untirta. Adapun penempatan mahasiswa/i Jurusan Pendidikan Teknik Elektro (PTE) dapat dilihat di sini. Mustofa Abi Hamid, M.Pd.T. selaku dosen jurusan PTE sekaligus koordinator DPL di SMK Negeri 2 Pandeglang menyerahkan mahasiswa/i jurusan PTE dan jurusan lain di SMK Negeri 2 Pandeglang.
Mahasiswa/i yang ditempatkan di SMK Negeri 2 Pandeglang, berasal dari jurusan PTE, Pendidikan Teknik Mesin (PTM) dan Pendidikan Sejarah yang berjumlah 9 orang. Saat berkunjung ke SMK Negeri 2 Pandeglang, Mustofa Abi Hamid, S.Pd., M.Pd.T. dan Iwan Ridwan, M.Pd.I. disambut oleh Bapak Jamari selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum. Mustofa Abi Hamid dalam kunjungannya mengucapkan terima kasih atas diterimanya mahasiswa/i PPLK FKIP Untirta untuk melakukan kegiatan PPLK di SMK Negeri 2 Pandeglang hingga tanggal 30 November 2018 mendatang. Keberhasilan kegiatan PPLK ini tidak lepas dari kerjasama yang baik antara pihak FKIP Untirta dengan pihak sekolah selaku mitra kerja FKIP Untirta.
Bincang bersama Wakasek Kurikulum
Mustofa menuturkan bahwa kegiatan PPLK ini merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa/i FKIP Untirta yang berbobot 3 SKS. Ketentuan mengajar di sekolah oleh mahasiswa/i PPLK FKIP Untirta ini selama 16 jam di sekolah yang terdiri dari 12 jam pengajaran dan 4 jam kegiatan ekstrakurikuler. Penilaian mengajar yang dilakukan oleh mahasiswa/i peserta PPLK FKIP Untirta ini sebanyak 4 kali dengan waktu yang disesuaikan pihak sekolah ditambah 1 kali ujian akhir. 
Wakasek bidang Kurikulum SMK Negeri 2 Pandeglang
Tahapan kegiatan PPLK oleh mahasiswa/i ini dimulai dari observasi sekolah pada minggu pertama, pembelajaran terbimbing oleh guru pamong pada minggu kedua, serta pembelajaran mandiri pada minggu ketiga, dan seterusnya serta kegiatan ekstrakurikuler di sekolah tersebut. 
Bapak Jamari menyambut dengan antusias kehadiran DPL dan mahasiswa/i PPLK dari FKIP Untirta ini. Bahkan, ada salah satu mahasiswa peserta PPLK ini yang merupakan alumnus SMK Negeri 2 Pandeglang yang saat ini tercatat sebagai mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin FKIP Untirta. Kesembilan mahasiswa/i peserta PPLK ini kemudian akan diberikan guru pamong masing-masing 1 guru pamong untuk 1 mahasiswa sesuai dengan jurusan/bidang keahliannya.
Sebagai informasi, mahasiswa/i ini nantinya akan mengajar di Program Studi Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) untuk mahasiswa/i dari jurusan PTE, program studi Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan Teknik Sepeda Motor (TSM) untuk mahasiswa/i dari jurusan PTM serta kelas X untuk mahasiswa/i dari jurusan Pendidikan Sejarah.
Bapak Jamari berharap agar kegiatan PPLK ini dapat berjalan dengan baik dan berkesinambungan sehingga dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, sehingga nantinya saat mahasiswa/i ini lulus menjadi sarjana pendidikan yang berpengalaman karena pernah mengajar di sekolah.
DPL, Wakasek Kurikulum dan mahasiswa/i PPLK FKIP Untirta
Acara ini ditutup dengan foto bersama DPL, mahasiswa/i peserta PPLK serta Bapak Jamari selaku Wakasek bidang Kurikulum yang mewakili pihak SMK Negeri 2 Pandeglang.

Pandeglang, 12 September 2018

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here