Pejabat yang Ramah, Humble dan Tidak Sombong - Mustofa Abi Hamid Official Site

Update

Thursday, November 22, 2018

Pejabat yang Ramah, Humble dan Tidak Sombong

Di jaman seperti sekarang ini sulit menemukan pejabat yang ramah, mudah bergaul, supel, tidak sombong, dan mau bergaul dengan wong cilik - seperti saya ini. Bahkan, di instansi layanan publik yang seharusnya diisi oleh orang-orang yang ramah dan murah senyum, berbanding terbalik diisi orang yang tidak ada ramah-ramahnya sama sekali, jutek, terkesan sombong dan mental ingin dilayani. Khas budaya feodal jaman penjajahan dulu.

Adagium kalo bisa dipersulit, kenapa dipermudah, seakan menjadi stigma yang melekat pada para Aparatur Sipil Negara yang bekerja di instansi-instansi pemerintahan yang tentunya mengurusi pelayanan publik – urusannya wong cilik (lagi). Belum lagi prosedur yang diibaratkan permainan bola – oper sana sini - lempar tanggung jawab. Lebih banyak yang menuntut haknya daripada menjalankan kewajibannya. Itu baru stafnya lho, belum para pejabat atasannya. 

Makanya, sekarang Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) ingin merubah stigma negatif itu semua dengan mendobrak kebiasaan buruk dengan tagline #ASNKiniBeda. 

Tetapi tidak bagi pejabat satu ini, saya mengenalnya setelah dikirimkan oleh kampus tempat saya bekerja untuk mengikuti training selama seminggu di Jogja. Notabene saya baru kenal beliau baru-baru ini. Tetapi, setiap ketemu saya selalu disapa lebih dulu, padahal usia saya jauh lebih muda dibandingkan dengannya, jadi malu saya. Beliau juga tidak malu untuk bertanya hal-hal yang memang belum dimengerti seperti masalah pemanfaatan IT untuk memaksimalkan publikasi karya ilmiah, masalah jurnal, dll. Bahkan sempat mendatangi kantor – ruang kerja – saya, #eh saya tidak punya ruang kerja sendiri. Saya seminomaden di kampus. Hahaha

Terima kasih bapak telah mengenal dan menjadi kolega di kampus. Semoga silaturahim tetap terjalin dengan baik meski dengan atau tanpa embel-embel (menjadi) pejabat kampus.

Serang, 22 November 2018

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here