Contoh Proposal PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) - Mustofa Abi Hamid's Blog

Update

Friday, October 14, 2011

Contoh Proposal PKM (Program Kreativitas Mahasiswa)

A. JUDUL
DOLAS KASA (Dodol Talas Kaya Rasa) sebagai Makanan Masyarakat Lampung yang Bernilai Jual dan Bergizi Tinggi

B. LATAR BELAKANG MASALAH
Tumbuhan talas adalah jenis tanaman pangan yang termasuk ke dalam suku Araceae (talas-talasan). Tumbuhan talas berupa herba dengan perawakan tegak yang biasanya memiliki tinggi lebih dari 5 cm yang terdiri dari batang dan daun, sedang umbinya berada di dalam tanah. Tumbuhan ini memiliki umbi yang beratnya bisa mencapai 4 kg atau lebih.. Di Indonesia sendiri, talas hampir bisa dijumpai di seluruh Indonesia yang tersebar mulai dari tepi pantai sampai pegunungan di atas 1000 m di atas permukaan laut.


Ide untuk memanfaatkan umbi talas ini muncul dari pengalaman salah satu teman kami yang pernah membuat dodol dari bahan talas yang rasanya enak dan memiliki daya tarik. Alasan lain yang mendukung untuk memanfaatkan umbi talas adalah karena penyajian umbi talas sebagai makanan belum variatif dan sebatas ala kadarnya sebagai makanan yang kurang menarik. Sebagian besar masyarakat Lampung mengolah umbi talas sebagai makanan hanya sebatas direbus saja, belum banyak yang mengetahui bahwa umbi talas dapat diolah menjadi dodol yang bergizi dan memiliki nilai jual tinggi di pasaran.

Tanaman talas memiliki banyak kegunaan mulai dari daun sampai umbinya. Untuk saat ini batang dan daun talas biasa dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Umbi talas dapat digunakan sebagai makanan cemilan yang dikonsumsi secara langsung setelah melalui proses perebusan. Talas mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, sehingga digunakan sebagai alternatif sumber energi bagi tubuh.

Melalui produksi makanan cemilan berupa dodol yang terbuat dari talas ini akan menambah variasi jenis makanan cemilan dari daerah Lampung. Selain itu, dengan penambahan aneka rasa buah-buahan pada dodol tersebut akan meningkatkan daya tarik peminat dan daya jual dodol talas ini.

C. PERUMUSAN MASALAH
Rumusan masalah yang akan dibahas adalah:
1. Bagaimana mengolah talas menjadi Dolas Kasa (Dodol Talas Kaya Rasa) yang bernilai jual dan bergizi tinggi ?
2. Bagaimana memperkenalkan Dolas Kasa (Dodol Talas Kaya Rasa) yang belum begitu populer kepada masyarakat Lampung ?

D. TUJUAN
Tujuan dari program ini adalah sebagai berikut:
1. Menghasilkan dodol talas yang bernilai jual dan bergizi tinggi.
2. Mengoptimalkan manfaat dari umbi talas yang selama ini belum begitu bervariasi dalam penyajiannya.
3. Menghasilkan sebuah kudapan baru berupa dodol talas dengan aneka rasa yang bergizi tinggi.
4. Meningkatkan daya kreativitas dan jiwa kewirausaan mahasiswa.
5. Membuka peluang usaha baru di bidang kuliner.
6. Meningkatkan pendapatan mahasiswa.

E. LUARAN YANG DIHARAPKAN
Keluaran yang kami harapkan dari PKMK ini adalah sebagai berikut:
1. Menghasilkan cemilan baru berupa dodol talas beraneka rasa yang sebelumnya kurang diketahui sehingga mampu menjadi alternatif cemilan baru dikalangan masyarakat Lampung.
2. Produk makanan yang akan menginspirasi para produsen makanan untuk menciptakan produk baru yang sebelumnya kurang begitu dikenal.

F. KEGUNAAN PROGRAM
Kegunaan program kreatifitas mahasiswa dalam bidang kewirausahaan kami adalah:
1. Menumbuh kembangkan daya kreatifitas mahasiswa.
2. Membuka peluang usaha baru.
3. Menambah keberagaman jenis oleh – oleh masyarakat Lampung.
4. Meningkatkan produksi talas khususnya dalam sektor pertanian Lampung.
5. Melatih kerjasama kelompok agar bisa menjadi tim dalam mengelola sebuah usaha.

G. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
1. Kondisi Lingkungan
Indonesia merupakan negara agraris dengan berbagai macam sumber daya alam yang melimpah dan potensial untuk dikembangkan. Talas merupakan tanaman jenis umbi-umbian yang dapat tumbuh dimana saja baik yang tumbuh secara tidak sengaja maupun yang sengaja dibudidayakan. Jika talas tersebut dimaksimalkan pengolahannya maka akan menambah nilai ekonomis dari produk talas tersebut.
Selain itu, di Indonesia pada umumnya dan di Bandarlampung khususnya produk olahan dari talas ini menjadi salah satu jajanan atau kudapan khas yang bergizi tinggi dan cukup terjangkau untuk semua kalangan di masyarakat.

Di dalam pertumbuhannya, tanaman talas tidak menuntut syarat tumbuh yang khusus. Tanaman ini dapat tumbuh diberbagai jenis tanah dengan berbagai kondisi lahan baik lahan becek maupun lahan kering.
Talas tumbuh tersebar di daerah tropis, sub tropis dan di daerah beriklim sedang. Pembudidayaan talas dapat dilakukan pada daerah beriklim lembab (curah hujan tinggi) dan daerah beriklim kering (curah hujan rendah), tetapi ada kecenderungan bahwa produk talas akan lebih baik pada daerah yang beriklim rendah atau iklim panas. Curah hujan optimum untuk pertumbuhan tanaman talas adalah 175 cm pertahun. Talas juga dapat tumbuh di dataran tinggi, pada tanah tadah hujan dan tumbuh sangat baik pada lahan yang bercurah hujan 2000 mm/tahun atau lebih. Selama pertumbuhan tanaman talas menyukai tempat terbuka dengan penyinaran penuh serta tanaman ini mudah tumbuh pada lingkungan dengan suhu 25-30 oC dan kelembaban tinggi.

Tanaman talas menyukai tanah yang gembur, yang kaya akan bahan organik atau humus. Tanaman ini dapat tumbuh pada daerah dengan berbagai jenis tanah, misal tanah lempung yang subur berwarna coklat pada lapisan tanah yang bebas air tanah, tanah vulkanik,andosol, tanah latosol. Tanaman talas untuk mendapatkan hasil yang tinggi, harus tumbuh di tanah drainase baik dan PH 5,5–6,5. Tanah yang bergambut sangat baik untuk talas tetapi harus diberi kapur 1 ton/ha bila PH nya di bawah 5,0. Tanaman talas membutuhkan tanah yang lembab dan cukup air. Apabila tidak tersedia air yang cukup atau mengalami musim kemarau yang panjang, tanaman talas akan sulit tumbuh. Musim tanam yang cocok untuk tanaman ini ialah menjelang musim hujan, sedang musim panen tergantung kepada kultivar yang ditanam.

Talas dapat tumbuh pada ketinggian 0–1300 m dpl. Di Indonesia sendiri talas dapat tumbuh di daerah pantai sampai pergunungan dengan ketinggian 2000 m dpl, meskipun sangat lama dalam memanennya.
Di Indonesia tempat pengembangan talas adalah Kota Bogor dan Malang yang menghasilkan beberapa kultivar yang enak rasa umbinya. Tingkat produksi tanaman talas tergantung pada kultivar, umur tanaman dan kondisi lingkungan tempat tumbuh. Pada kondisi optimal produktivitas talas dapat memcapai 30 ton/hektar.

2. Sumber Bahan Baku
Dalam pendirian usaha ini, sumber bahan baku utama adalah umbi talas. Umbi talas mudah ditemukan karena tanamannya mudah tumbuh dimana saja sehingga dalam pengembangan usaha ini kita tidak akan mengalami kesulitan untuk mencari sumber bahan bakunya.
Berbagai jenis talas terdapat di daerah Bogor adalah Talas Sutera, Talas Bentul dan Talas Ketan. Talas Sutera memiliki daun yang berwarna hijau muda dan dan berbulu halus seperti Sutera. Di panen pada umur 5-6 bulan. Umbinya kecoklatan yang dapat berukuran sedang sampai besar. Talas Bentul memiliki umbinya lebih besar dengan warna batang yang lebih ungu di banding Talas Sutera. Talas Bentul dapat dipanen setelah berumur 8-10 bulan dengan umbi yang relatif lebih besar dan berwarna lebih muda kekuning-kuningan. Talas Ketan warna pelepahnya hijau tua kemerahan. Di Bogor dikenal pula jenis talas yang disebut Talas Mentega (Talas Gambir/Talas Hideung), karena batang dan daunnya berwarna unggu gelap. Jenis talas lain biasanya tidak di kosumsi karena rasanya tidak enak atau gatal. Contohnya adalah Talas Sente yang berbatang dan berdaun besar, banyak digunakan untuk pajangan dan daunnya sering digunakan untuk makanan ikan. Sedang talas Bolang memunyai rasa yang gatal, dengan batang dan daun yang bertotol-totol.
3. Analisis Ekonomi
Secara sederhana, bisnis ini dapat dihitung dengan cara :

Biaya investasi peralatan
Alat
Jumlah
Harga per alat
Total Harga
Cangkul
2 Buah
Rp    30.000
Rp   60.000
Golok
3 buah
Rp    25.000
Rp   75.000
Parutan
4 buah
Rp    10.000
Rp   10.000
Saringan
3 buah
Rp      3000
Rp     9.000
Wajan
2 buah
Rp    25.000
Rp   50.000
Pisau
5 buah
Rp    10.000
Rp   50.000
Spatula (kayu)
4 buah
Rp    10.000
Rp   10.000
Cetakan
5 buah
Rp     5.000
Rp   25.000
Sarung tangan plastik
5 buah
Rp     3.000
Rp   15.000
Mesin Pemarut Talas
2 buah
Rp 450.000
Rp 900.000
Baskom
3 buah
Rp     7.000
Rp   21.000
Kompor Gas
1 buah
Rp 250.000
Rp  250.000
Jumlah
Rp1.475.000

Peralatan dapat digunakan minimal tiga tahun. Jika satu minggu produksi dilakukan tiga kali, maka dalam tiga tahun sebanyak = 3 x 4 minggu x 36 bulan = 432 kali produksi. Sehingga biaya investasi adalah Rp1.475.000 : 432 = Rp 3414,351 per satu kali produksi di bulatkan menjadi Rp 3500,-

Biaya operasional

Jumlah
Harga per satuan
Total Harga
Umbi Talas
6 kg
Rp   3.000
Rp  18.000
Plastik Pembungkus
2 kg
Rp   2.000
Rp     2.000
Perasa buah-buahan
4 kotak
Rp   2.000
Rp     8.000
Kotak Pembungkus
40 kotak
Rp   1.000
Rp   40.000
Kelapa
12 buah
Rp   1.500
Rp   18.000
Gula Aren
4 kg
Rp 10.000
Rp   40.000
Garam
1 bungkus
Rp   1.000
Rp     1.000
Jumlah
Rp 127.000

Dari bahan diatas penyusutan bahan dasar sebesar 2kg, sehingga dari komposisi bahan tersebut dapat diperoleh 40 kotak (setiap kotak berisi 10 dodol sebesar telunjuk orang dewasa) dengan berat bersih per kotaknya sebesar 100 gram. Harga dasar penjualan dodol talas kaya rasa ini adalah Rp 12.500 per kotak.
Jadi hasil penjualan 40 x Rp 12.500 = Rp 500.000,- .
Secara sederhana, modal kerja per produksi adalah (biaya investasi + biaya operasional) = Rp 3500 + Rp 127.000 = Rp 130.500,-
Keuntungan dalam setiap produksi adalah
Penjualan – modal kerja = Rp 500.000 – Rp 130.500 = Rp. 369.500,-

H. METODE PELAKSANAAN PROGRAM

1. Proses Pembelajaran dan Pelatihan
Untuk melaksanakan program kewirausahaan ini, perlu dilakukan pembekalan berupa pelatihan untuk membentuk team work yang solid dan profesional dalam pengembangan usaha dodol talas beraneka rasa tersebut. Adapun proses pelatihan tersebut berupa :
a. Social Skills
Substansi pembelajaran social skills berbentuk materi pelatihan motivation training, komunikasi efektif, team building, organisasi dan manajemen. Tujuan pembelajaran social skills yang diselengggarakan adalah untuk membentuk dan memupuk kemampuan untuk melakukan komunikasi yang efektif dalam bisnis, menmahami peran kerjasama dan organisasi dalam kelompok untuk membangun dan mengelola usaha/ bisnis. Materi ini disampaikan dengan metode ceramah interaktif, diskusi dan tanya jawab, serta simulasi penerapan untuk pemahaman materi team work kepada pelaku usaha/ pelaksana program.
b. Vocational Skills
Subtansi pembelajaran vocational Skills berbentuk pelatihan keterampilan praktis yang akan dilaksanakan sebagai usaha kelompok melalui simulasi (praktek) dengan materi mencakup dasar- dasar membuat produk.
Perencanaan Operasi dan Produksi
Adapun alat-alat yang akan digunakan antara lain:
Peralatan umum
a. Cangkul
b. Golok
c. Mesin pemarut
d. Saringan
e. Wajan
f. Pisau
g. Spatula
h. Cetakan

Bahan baku
a. Umbi Talas
b. Gula merah
c. Perasa makanan
Proses pembuatan DOLAS KASA (Dodol Talas Kaya Rasa) adalah sebagai berikut :
a. Kupas talas terlebih dahulu.
b. Cuci talas yang telah dikupas hingga bersih dan direndam airpanas garam .
c. Parut talas hingga halus dan beri air sedikit
d. Masukan kedalam kain saringan
e. Setelah itu peras secara perlahan –lahan agar dapat mengeluarkan air seperti santan
f. Nyalakan kompor dan panaskan talas yang sudah diperas
g. Masukan santan secara perlahan –lahan
h. Secara bersamaan masukan gula aren
i. Aduk terus hingga mengental
j. Tunggu hingga warna berubah menjadi kecokelatan.
k. Setelah itu beri rasa buah –buahan seperti duren atau strawberi
l. Dodol talas aneka rasa siap disajikan

2. Promosi dan Penjualan

Adapun untuk pengenalan produk ini kepada masyarakat kami awali di lingkungan kampus Universitas Lampung yaitu dengan memberi sampel produk DOLAS KASA kepada mahasiswa di sekitar kampus, selanjutnya kami akan menitipkan produk ini di kantin – kantin sekitar kampus. Kami juga akan menawarkan produk ini kepada konsumen – konsumen yang ditemui oleh kami selaku pelaku usaha dimanapun berada atau didekat tempat produksi. Produk ini juga akan dipublikasikan menggunakan leaflet bahwa kami menerima pesanan, memasang iklan produk di koran wilayah setempat, penyebaran brosur ke masyarakat luas, dan informasi dari mulut ke mulut

I. JADWAL KEGIATAN PROGRAM

Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 ( empat ) bulan dan dimulai dengan jadwal sebagai berikut :

No
Pelaksanaan Kegiatan
Bulan ke I
Bulan ke II
Bulan ke III
Bulan
 Ke IV


1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Perencanaan
















2
Survey Bahan Baku
















3
Pelatihan dan Praktek
















4
Publikasi dan promosi
















5
Produksi
















6
Pemasaran
















7
Evaluasi
















8
Pembuatan Laporan


















J. NAMA DAN BIODATA KETUA SERTA ANGGOTA KELOMPOK

1. Ketua Pelaksana Kegiatan
a. N a m a : Mustofa Abi Hamid
b. N I M : 0913022055
c. Fakultas/jurusan : Pendidikan/PMIPA
d. Perguruan Tinggi : Universitas Lampung
e. Waktu untuk kegiatan PKM : 24 jam / minggu

2. Anggota Pelaksana Kegiatan
Anggota I
a. N a m a : Istigfar romadon
b. N I M : 0913024012
c. Fakultas/jurusan : KIP/PMIPA
d. Perguruan Tinggi : Universitas Lampung
e. Waktu untuk kegiatan PKM : 21 jam/minggu

Anggota II
e. N a m a : Trisnawati
f. N I M : 0913024073
g. Fakultas/jurusan : KIP/PMIPA
d. Perguruan Tinggi : Universitas Lampung
e. Waktu untuk kegiatan PKM : 21jam/minggu

Anggota III
h. N a m a : Vandan wiliyanti
i. N I M : 1013022062
j. Fakultas/jurusan : KIP/PMIPA
d. Perguruan Tinggi : Universitas Lampung
e. Waktu untuk kegiatan PKM : 21 jam/minggu

Anggota IV
k. N a m a : Nani pahini
l. N I M : 1013022076
m. Fakultas/jurusan : KIP/PMIPA
d. Perguruan Tinggi : Universitas Lampung
e. Waktu untuk kegiatan PKM : 21 jam/minggu

J. NAMA DAN BIODATA DOSEN PEMBIMBING
1. Nama Lengkap : Drs. Eko Suyanto, M.Pd.
2. NIP : 19640310199112 1 001
3. Jabatan Fungsional : Dosen
4. Jabatan Struktural : -
5. Fakultas/ program studi : KIP/Pasca sarjana Teknologi Pend.
6. Perguruan Tinggi : Universitas Lampung
7. Bidang Keahlian : Teknologi Pendidikan
8. Waktu untuk kegiatan PKM : 7 jam / minggu






K.
J.        BIAYA


No
Kegiatan
Harga Barang
Jumlah
Unit
Harga@
A
TAHAP PELATIHAN

Achievement Motivation Training

Transportasi Pemateri
1 Orang
Rp 100.000
Rp   100.000

Konsumsi
6 Orang
Rp   15.000
Rp    70.000

Fee Pemateri
1 Orang
Rp 350.000
Rp  350.000

Penggandaan Panduan
3 Buah
Rp  15.000
Rp    45.000

Jumlah


Rp  215 .000
B.
TAHAP PELAKSANAAN

Bahan Habis Pakai




Umbi Talas
6 kg
Rp   6.000
Rp  12.000

Plastik Pembungkus
2 kg
Rp   2.000
Rp     2.000

Perasa buah-buahan
4 kotak
Rp   2.000
Rp     8.000

Kotak Pembungkus
40 kotak
Rp   1.000
Rp   40.000

Kelapa
12 buah
Rp   1.500
Rp   18.000

Gula Aren
4 kg
Rp 10.000
Rp   40.000

Garam
1 bungkus
Rp   1.000
Rp     1.000

Jumlah
Rp 127.000
2
Peralatan Tetap




Cangkul
2 Buah
Rp    30.000
Rp   60.000

Golok
3 buah
Rp    25.000
Rp   75.000

Parutan
4 buah
Rp    10.000
Rp   10.000

Saringan
3 buah
Rp      3000
Rp     9.000

Wajan
2 buah
Rp    25.000
Rp   50.000

Pisau
5 buah
Rp    10.000
Rp   50.000

Spatula (kayu)
4 buah
Rp    10.000
Rp   10.000

Cetakan
5 buah
Rp     5.000
Rp   25.000

Sarung tangan plastik
5 buah
Rp     3.000
Rp   15.000

Mesin Pemarut Talas
2 buah
Rp 450.000
Rp 900.000

Baskom
3 buah
Rp     7.000
Rp   21.000

Kompor Gas
1 buah
Rp 250.000
Rp  250.000

Jumlah
Rp1.475.000
C. PELAPORAN

Pembuatan proposal dan penggandaan
4 buah
Rp    20.000
Rp     80.000

Pembuatan LPJ  dan penggandaan
4 buah
Rp    20.000
Rp     80.000

ATK kertas HVS
2 Rim
Rp.   30.000
Rp.    60.000

ATK Tinta Printer
2 buah
Rp.   50.000
Rp.  100.000

Flask Disk
1 buah
Rp.  100.000
Rp.  100.000

Sewa Laptop
1x 2 bulan
Rp. 125.000
Rp.  250.000

Printer
1 buah
Rp.  500.000
Rp.  500.000

Jumlah
Rp1.170.000
D
DOKUMENTASI

Sewa kamera digital
1x 1 minggu
Rp. 150.000
Rp   150.000

Cuci cetak Foto
100 lembar
Rp. 100.000
Rp.  100.000

Jumlah
Rp.  250.000
E
TRANSPORTASI

Distribusi produk
 5orgx40hari
Rp  10.000
Rp 2 .000.000

Jumlah
Rp 2 .000.000
F
PROMOSI

Iklan di media cetak
1 bulan
Rp  35.000
Rp   140.000

Cetak brosur, pamflet, selebaran
1 rim
Rp       500
Rp   250.000

Cetak label produk
1 rim
Rp120.000/rim
Rp   120.000

Jumlah
Rp  510.000

TOTAL BIAYA
Rp 5.747.000
LAMPIRAN

32 comments:

  1. izin copas ya
    sangat menginspirasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan copas Rey.. Tapi jangan lupa cantumkan sumbernya dari blog ini. Semoga bermanfaat.. :)

      Delete
  2. bro bisa pakai pkm nya nggak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Proposal PKM ini sudah pernah diikutsertakan dalam ajang PKM. :)

      Delete
  3. bang izin copas ya.. buat referensi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya silakan. Tetap harus cantumkan sumbernya dari sini.

      Delete
  4. izin copas yah bang, ga bakalan dipublis cuma buat referensi aja :)

    ReplyDelete
  5. ijin coppast yaa.. ^^ you're such a saviour!

    ReplyDelete
  6. mas,, boleh ndak proposalnya saya jadikan contoh atau acuan untuk PKM-Kewirausahaan yg sya buat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh. Semoga bermanfaat. Jangan lupa cantumkan sumbernya. :)

      Delete
  7. contoh nya di buat .doc lebih bagus lagi... ;)

    ReplyDelete
  8. mas ada gak yg PKM K tentang otomotif..??

    ReplyDelete
  9. mas, ijin copas ya. sebagai contoh saja. trims

    ReplyDelete
  10. sangat bermanfaat informasinya...ijin share bahan ke mahasiswa ya pak..untuk contoh dalam pembuatan proposal PKM,

    ReplyDelete

Post Top Ad