Islam dan Pancasila - Mustofa Abi Hamid's Blog

Update

Wednesday, September 5, 2012

Islam dan Pancasila


Islam sejatinya menjadi pelopor primordial toleransi dan kebebasan beragama jauh sebelum lahirnya Pancasila di nusantara. Bisa dikatakan, Pancasila adalah “Piagam Madinah”-nya bangsa Indonesia. Jika Nabi Muhammad melontarkan gagasan untuk hidup berdampingan secara rukun dan menjamin kebebasan beragama melalui Piagam Madinah, kenapa Pancasila yang menjadi manifestasi Piagam Madinah justru keberadaannya selalu diusik? Inilah yang masih menyisakan pertanyaan besar bagi bangsa.

Tanpa Piagam Madinah, sebuah kemustahilan untuk menciptakan kehidupan yang damai di tengah masyarakat Madinah yang beragam suku, etnis, budaya, dan agama. Nabi Muhammad sebagai pembawa Islam tidak menerapkan eksklusifitas Islam untuk dipaksakan dalam realitas bangsa yang plural, tapi Nabi Muhammad justru mengajarkan untuk tidak saling memusuhi kaum lain, saling menolong demi pembangunan, ekonomi, keselamatan dan kedamaian bersama. Itu artinya dengan mata telanjang kita bisa melihat bahwa Islam mengajarkan kita untuk bersikap toleran dan menghargai kebebasan beragama.

Meminjam istilah Hugh Goddard dalam bukunya, Christians and Muslims: From Double Standard to Mutual Understanding (1995), tidak semestinya kita menerapkan “standar ganda” dalam realitas kehidupan yang plural. Tapi bagaimana kita memposisikan diri di tengah kehidupan bangsa yang serba majemuk, sehingga bisa memaknai pentingnya hidup berdampingan secara rukun dengan menghargai keyakinan umat lain. Karena dengan menerapkan “standar ganda” akan memunculkan prasangka sosiologis dan teologis yang memperkeruh hubungan antarumat beragama. Prasangka teologis yang Hugh maksud adalah menganggap keyakinan yang kita anut merupakan keyakinan samawi (berasal dari Tuhan), sedangkan keyakinan lain merupakan konstruksi manusia atau berasal dari Tuhan tapi telah mendapat campur tangan manusia. Kondisi semacam inilah yang menurut Hugh dapat mencerai berai integritas antarumat beragama dalam suatu negara yang memang didesain Tuhan serba plural.

Jika dikontekstualkan dalam kehidupan bangsa Indonesia, kondisi sosial-kultural Madinah sejalan dengan Indonesia di mana memiliki masyarakat yang plural. Tengok saja agama di Indonesia yang dijamin negara seperti Islam, Kristen Protestan dan Katolik, Hindu, Budha, Konghucu, belum lagi agama-agama lokal yang eksistensinya belum diakui negara. Lebih dari itu, Indonesia sangat kaya akan budaya, suku bangsa, etnis, dan sebagainya. Itu semua adalah bagian dari grand design Tuhan untuk saling mengenali satu sama lain.
Jika Tuhan menginginkan, dengan “kun fayakun!” maka Indonesia lahir sebagai bangsa homegen. Tapi faktanya Tuhan justru menciptakan kehidupan bangsa secara heterogen. Ini yang harus kita sadari dan sikapi bersama, bahwa Tuhan dan Nabi Muhammad telah “merestui” realitas pluralitas kehidupan, sehingga diharapkan manusia dapat hidup secara damai. Itu berarti menentang realitas kehidupan plural sama halnya menentang otoritas Tuhan.

Al-Qur’an Surat Hujarat 13 menjelaskan bahwa manusia diciptakan berbangsa-bangsa agar saling mengenali: “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan dan menjadikanmu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenali.” Kata “menjadikanmu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku” inilah yang penulis maksud bahwa realitas kehidupan plural telah “direstui” Tuhan.

Demikian juga dalam QS. Kafirun 6: “Untukmu agamamu dan untukku agamaku”. Ayat ini mengisyaratkan untuk tidak mencampuri keyakinan orang lain dan menghargai agama orang lain. Harapannya, agar manusia tidak saling mempertahankan klaim “kebenaran” masing-masing keyakinan yang berdampak pada konflik dan pertikaian. Surat di atas mengisyaratkan untuk bersikap inklusif, terbuka, dan toleran terhadap perbedaan keyakinan untuk mencipta kedamaian.

Pun Piagam Madinah muncul untuk menjawab realitas keagamaan, kesukuan, politik, ekonomi dalam masyarakat Madinah yang sangat heterogen. Dengan demikian diharapkan tidak ada superioritas kesukuan-keagamaan dalam memiliki hak untuk berpartisipasi di gelanggang sosial dan politik. Hasilnya, konfedrasi kesukuan-keagamaan akan termanifestasikan dalam kehidupan yang madani sehingga tercipta kerukunan dan toleransi di segala lapisan masyarakat. Piagam Madinah menjadikan Madinah yang berbangsa-bangsa menjadi satu kesatuan front yang kuat untuk menghalau kekuatan di luar Madinah.

Selanjutnya, permasalahan pelik yang dihadapi bangsa sekarang adalah status Pancasila yang dianggap tidak sah oleh “kelompok eksklusif” sehingga bisa dikatakan nasib Pancasila sebagai “Piagam Madinah Modern” di ujung tanduk. Terutama Sila Ketuhanan Yang Maha Esa dalam butir ke-3 yang berbunyi: “Saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya,” dan butir ke-4 yang berbunyi: “Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan kepada orang lain.” Butir ini dibuat bukan tanpa alasan, tetapi mendasarkan pada filosofi realitas sosial-kultural dan historisitas bangsa Indonesia yang plural. Jika realitas plural itu dipaksakan dalam satu frame keyakinan, maka mendirikan bumi nusantara ini adalah sebuah kemustahilan dan pertumpahan darah secara makro adalah suatu keniscayaan.

Dengan demikian, Islam sebagai landasan yang bersifat transendental dan Pancasila sebagai landasan yang sifatnya profan sama-sama menjamin kebebasan beragama. Lalu jika muncul pertanyaan: bagaimana jika kita mempertanyakan status Pancasila di negeri ini? Jawabannya sederhana, mempertanyakan status Pancasila sama halnya mempertanyakan status Tuhan. Sementara menafikan eksistensi Pancasila berarti menafikan eksistensi Muhammad yang selama ini kita puja karena kita menodai substansi Piagam Madinah yang tertuang dalam Pancasila.

Mustofa Abi Hamid
Physics Education ‘09
University of Lampung (Unila)
Address :
Jln. Soemantri Brojonegoro no.13 Gedung Meneng Bandarlampung Post Code : 35145
HP : 0856.6666.090
        0897.6126.033
Ph : (0721) 783044
Twitter : @mustofaabihamid
              abi.unila@yahoo.co.id
              m.abihamid@students.unila.ac.id

www.mustofaabihamid.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad