Seminar Rancangan Aktualisasi Nilai-Nilai Dasar PNS dan Peran Kedudukan PNS dalam NKRI - Mustofa Abi Hamid Official Site

Update

Friday, February 15, 2019

Seminar Rancangan Aktualisasi Nilai-Nilai Dasar PNS dan Peran Kedudukan PNS dalam NKRI

Jumat 15 Februari 2019 telah dilaksanakan Seminar Rancangan Aktualisasi Nilai-Nilai Dasar PNS dan Peran Kedudukan PNS dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dalam seminar ini dihadiri oleh mentor, coach dan evaluator yang luar biasa. Bapak Endi Permata, S.T., M.T. (Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa) bertindak sebagai mentor, Bapak Bambang Wardoyo, S.E.,M.M. (Widyaiswara Pusdiklat Kemnaker) sebagai coach dan Ibu Penina Renta Maria Gultom, S.IP. (Kepala Subbagian Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Administrasi Pusdiklat Kemenristekdikti) sebagai evaluator.
Dalam menyusun rancangan aktualisasi, saya mengangkat isu kurangnya kemampuan mahasiswa dalam menerapkan konsep-konsep pembelajaran teori ke praktikum pada mata kuliah rangkaian listrik dikarenakan belum tersedianya jobsheet untuk pelaksanaan praktikum rangkaian listrik bagi mahasiswa/i Prodi Pendidikan Teknik Elektro, sehingga dalam rancangan aktualisasi ini saya menyusun jobsheet praktikum Rangkaian Listrik untuk mahasiswa/i Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, FKIP Untirta. 
Mustofa Abi Hamid memaparkan rancangan aktualisasi CPNS
Usai menyajikan materi rancangan aktualisasi CPNS

Evaluator, Coach, dan Mentor

Tim Peserta Dosen dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Rencananya, sesuai dengan jadwal yang telah disusun, kegiatan aktualisasi ini saya laksanakan mulai tanggal 18 Februari – 31 Maret 2019 bertempat di Prodi Pendidikan Teknik Elektro FKIP Untirta. 
Tujuan pelaksanaan aktualisasi adalah untuk mengimplementasikan nilai-nilai Dasar Profesi PNS dari ANEKA (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, Anti Korupsi), dan Whole of Government (WoG), Pelayanan Publik, serta Manajemen ASN dalam melaksanakan tugasnya sebagai dosen Pendidikan Teknik Elektro di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang, serta menerapkan solusi atas isu mengenai kurangnya kemampuan mahasiswa/i dalam menerapkan konsep – konsep pembelajaran teori ke praktik pada Mata Kuliah Rangkaian Listrik dikarenakan belum tersedianya Jobsheet untuk pelaksanaan praktikum Rangkaian Listrik bagi mahasiswa/i Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, FKIP Untirta.

Contoh Rancangan Aktualisasi Latsar CPNS Golongan III Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dapat diunduh di sini. 
Saatnya kembali ke kampus untuk mengaktualisasi dan menghabituasikan nilai-nilai dasar PNS di institusi masing-masing dan menjadi PNS dosen yang profesional. 

Jakarta, 15 Februari 2019.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here