Informasi Tugas (1) Mata Kuliah Pembelajaran Mikro T.A. 2021/2022 - Mustofa Abi Hamid's Blog

Update

Wednesday, March 9, 2022

Informasi Tugas (1) Mata Kuliah Pembelajaran Mikro T.A. 2021/2022

Bagi mahasiswa/i Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Elektro (PVTE) FKIP Untirta yang mengikuti Mata Kuliah Pembelajaran Mikro, mohon diperhatikan informasi terkait tugas (1) sebagai berikut:

  1. Tugas individu: menulis makalah dikumpulkan paling lambat tanggal 15 Maret 2022 pukul 23.59 WIB dengan cara upload (unggah) makalah berupa file Ms.Word (masukkan ke folder terlebih dahulu) dan unggah melalui tautan: https://drive.google.com/drive/folders/1J0vJCVRPqkX9iitAV3rmD_A7J_V0qsEE?usp=sharing (unggah folder Anda dengan diberi Nama dan NIM Anda). Catatan: gunakan akun email untirta agar dapat masuk dan mengunggah folder. 
  2. Tema/topik yang dapat dipilih sebagai berikut: 
    1)    keterampilan membuka pelajaran (set induction)
    2)    keterampilan menjelaskan (explaining)
    3)    keterampilan menutup pelajaran (closure)
    4)    keterampilan bertanya (questioning)
    5)    keterampilan memberi penguatan (reinforcement)
    6)    keterampilan melakukan variasi (stimulus variation)
    7)    keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil
    8)    keterampilan mengelola kelas
    9)    keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan
    10) keterampilan membuat perencanaan pembelajaran
  3. Referensi minimal 10 berupa referensi utama (artikel jurnal dan buku).
  4. Menulis makalah sesuai dengan tema yang sudah dibagikan dengan format makalah seperti dalam contoh ini (unduh format makalah di sini). 
    Catatan dalam membuat makalah:
  • (A) Gunakan fitur otomatis memakai tool di dalam aplikasi MS Word untuk membuat antara lain: Halaman Cover, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Bab I Pendahuluan, Bab II, Bab III dan Daftar Pustaka. Nomor halaman bagian cover hingga daftar isi harus menggunakan nomor halaman angka Romawi (i, ii, iii, …), sedangkan Bab I hingga Bab III menggunakan nomor halaman angka Arabic (1,2,3, …). 
  • Di dalam dokumen pada poin (A) tersebut, harus mengandung rujukan atau sitasi ke literatur yang bersumber dari artikel-artikel jurnal ilmiah internasional/nasional, buku-buku, dan/atau sumber-sumber lain yang relevan. Cara membuat rujukan/sitasi harus menggunakan aplikasi Mendeley (dengan sistem APA (American Psychological Association)). Daftar Pustaka dituliskan menggunakan fitur Mendeley dengan format sistem APA.
  • Di dalam dokumen pada poin (A) tersebut, harus mengandung tabel-tabel yang benar cara penulisannnya dan setiap tabel harus dirujuk di dalam badan teks menggunakan fitur Cross References yang ada di MS Word. Penomoran tabel pada Table Caption harus mengandung identitas nama tabel. Judul tabel diletakkan di atas tabelnya.
  • Di dalam dokumen pada poin (A) tersebut, harus mengandung gambar-gambar (berupa grafik, dll) yang benar cara penyajiannya dan setiap gambar harus dirujuk di dalam badan teks menggunakan fitur Cross References yang ada di MS Word. Penomoran gambar pada caption Gambar harus mengandung identitas nama. Judul gambar diletakkan di bawah gambarnya.
  • Deadline pengumpulan tugas 15 Maret 2022 pukul 23.59 WIB 

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad