Universitas Mercu Buana Jakarta Undang Editor-in-Chief Journal VOLT sebagai Pembicara Pelatihan Tata Kelola Jurnal - Mustofa Abi Hamid Official Site

Update

Wednesday, July 11, 2018

Universitas Mercu Buana Jakarta Undang Editor-in-Chief Journal VOLT sebagai Pembicara Pelatihan Tata Kelola Jurnal

Jakarta. Kamis esok (12/7), Universitas Mercu Buana Jakarta akan menggelar Pelatihan Tata Kelola Jurnal yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Produk Penelitian Universitas Mercu Buana. Pelatihan Tata Kelola Jurnal tersebut akan membahas tentang proses submisi artikel mulai dari unggah artikel dari penulis, proses review, editing, hingga publishing (penerbitan issue) secara daring penuh menggunakan Open Journal System (OJS).

Dalam acara tersebut, UMB mengundang Chief Editor Journal VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, Mustofa Abi Hamid sebagai pembicara. Mustofa telah berpengalaman dalam mengelola jurnal elektronik (online) secara full OJS. Saat ini, proses penerbitan artikel jurnal elektronik harus tercatat dengan baik dan menjalankan prosedur penerbitan secara benar. Hal ini diperlukan sebagai bentuk profesionalisme dalam pengelolaan jurnal.
Paradigma jurnal ilmiah telah bergeser dari versi cetak ke dalam versi elektronik (online). Dengan adanya versi online ini akan berdampak pada peningkatan jumlah pembaca dari seluruh dunia, peningkatan penulis yang berasal dari berbagai institusi bahkan antar negara. Selain persebaran  penulis dan pembaca, adanya jurnal versi online juga meningkatkan dampak ilmiah dengan meningkatnya jumlah sitasi, indeksasi lebih cepat, pengecekan plagiasi lebih mudah, serta benefit lainnya yang tidak didapatkan dari versi cetak.

Dengan adanya acara ini diharapkan pengelolaan jurnal-jurnal yang diterbitkan oleh UMB Jakarta semakin profesional sehingga menghasilkan publikasi artikel yang berkualitas. Target berikutnya, jurnal-jurnal tersebut dapat diajukan untuk diakreditasi melalui Arjuna Ristekdikti dan didaftarkan ke pengindeks internasional bereputasi.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here