Universitas Mercu Buana Undang Pakar Jurnal Untirta dalam Pelatihan Tata Kelola Jurnal Ilmiah Berbasis OJS - Mustofa Abi Hamid Official Site

Update

Sunday, July 15, 2018

Universitas Mercu Buana Undang Pakar Jurnal Untirta dalam Pelatihan Tata Kelola Jurnal Ilmiah Berbasis OJS

Kamis (12/7) Pusat Pengembangan Produk Penelitian Universitas Mercu Buana Jakarta menggelar kegiatan Pelatihan Tata Kelola Jurnal Ilmiah Berbasis OJS. Dalam kegiatan tersebut mengundang Mustofa Abi Hamid, M.Pd.T. yang merupakan dosen tetap FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dan pakar pengelolaan jurnal berbasis OJS (Open Journal System). Mustofa juga merupakan Editor-in-Chief VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro sebagai pembicara tamu dalam acara tersebut.
Foto bersama pemateri dan sebagian peserta workshop
Ketua Pusat Pengembangan Produk Penelitian Universitas Mercu Buana sekaligus ketua pelaksana kegiatan, Dr. Andi Adriansyah, M.Eng., mengungkapkan bahwa saat ini jurnal yang dikelola oleh Universitas Mercu Buana Jakarta sebanyak 30-an jurnal ilmiah. Sebagian besar jurnal tersebut masih dipublikasikan menggunakan quick submit OJS dan belum menerapkan proses penerbitan naskah jurnal secara full OJS. Oleh karena itu, diperlukan pengelolaan yang menerapkan prosedur yang benar menggunakan OJS sesuai dengan standar internasional dan peraturan Kemristekdikti. Dari sekian banyak jurnal di UMB, baru ada 1 jurnal yang terakreditasi, yaitu Jurnal Mix yang dulu diakreditasi versi cetak, sehingga saat ini perlu beralih menggunakan versi online dalam menerbitkan artikel-artikel jurnal tersebut.
Tampilan OJS Jurnal di Universitas Mercu Buana Jakarta
Mustofa Abi Hamid mengatakan bahwa dalam mengelola jurnal diperlukan konsistensi, kesabaran dan keuletan. Mengelola jurnal secara profesional sesuai dengan prosedur yang benar akan berdampak pada peningkatan kualitas jurnal itu sendiri, baik dari segi konten artikelnya maupun segi manajemen/pengelolaan jurnalnya. Dalam kegiatan ini, Mustofa menyampaikan materi tentang proses penerbitan naskah/artikel mulai dari submit oleh penulis, proses review, editing, hingga terbit menggunakan Open Journal System (OJS) dan bimbingan langsung praktik kepada para pengelola jurnal Universitas Mercu Buana. Acara ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas SDM dan profesionalitas para pengelola jurnal dalam mengelola jurnal ilmiah tersebut menggunakan OJS secara penuh.

Acara ini dihadiri oleh 30-an dosen UMB yang merupakan pengelola jurnal UMB dan ditutup dengan makan bersama dan foto bersama antara peserta dan pemateri.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here