Kuliah Probabilitas dan Statistika - Pertemuan ke-2 Penyajian Data dan Distribusi Frekuensi - Mustofa Abi Hamid's Blog

Update

Tuesday, September 4, 2018

Kuliah Probabilitas dan Statistika - Pertemuan ke-2 Penyajian Data dan Distribusi Frekuensi

Perkuliahan sebelumnya telah membahas tentang jenis statistika, data dan jenis data. Materi perkuliahan pertemuan ke-1 dapat dipelajari di sini. Perkuliahan Probabilitas dan Statistika pertemuan ke-2 ini membahas tentang penyajian data dan distribusi frekuensi.
Statistik deskriptif merupakan statistik yang berfungsi untuk mendeskripsikan atau memberikan gambaran terhadap obyek yang diteliti melalui data sampel atau populasi. Pada statistik deskriptif ini, akan dikemukakan cara penyajian data yang telah dikumpulkan baik dengan menggunakan tabel biasa maupun distribusi frekuensi, grafik baris maupun batang, diagram lingkaran, pictogram, dll serta penjelasan kelompok melalui mean, median, modus, dan variasi kelompok melalui rentang dan simpangan baku.
Setiap data yang telah diperoleh dari proses penelitian baik yang dikumpulkan melalui observasi, interview, kuesioner, dokumentasi, dll, data tersebut harus disajikan dalam berbagai bentuk yang jelas. Prinsip dasar penyajian data adalah komunikatif dan lengkap, mudah dipahami isinya.

Materi hand-out lebih lanjut dapat diunduh di sini.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad