Pantai Pandawa Bali - Pesona Pantai Nan Elok di Kuta Selatan - Mustofa Abi Hamid Official Site

Update

Sunday, December 30, 2018

Pantai Pandawa Bali - Pesona Pantai Nan Elok di Kuta Selatan

April 2018 lalu saya mengunjungi Pantai Pandawa yang terletak di Kuta Selatan, Bali ini. Ternyata, saya katrok ya, baru tahu ada pantai sebagus ini di tahun 2018. Kebetulan saya ada kunjungan kerja ke Bali, jadi kesempatan saya sekalian jalan-jalan di sela-sela akhir pekannya. Pantai Pandawa, salah satu pantai pasir putih terkenal di Bali yang wajib dikunjungi. Pantai Pandawa terletak di Desa Kutuh, Kabupaten Badung. Dulu, turis asing sering menyebut Panta Pandawa sebagai Secret Beach karena memang lokasinya yang tersembunyi dan belum banyak diketahui oleh khalayak umum. Warga lokal menyebutnya Panta Kutuh. Pantai ini sangat cocok untuk wisawatan yang datang ke Bali bersama keluarga, kerabat maupun yang datang bersama teman-teman. Wisatawan yang datang akan dimanjakan oleh pancaran sinar matahari yang langsung mengarah ke pantai ini dan cocok untuk berjemur. Inilah mengapa banyak wisatawan dari berbagai kota maupun wisatawan mancanegara datang ke pantai ini.
Berfoto dari tebing atas Pantai Pandawa
Dulu, sebelum pantai ini dibuka untuk umum, sebenarnya kawasan ini difungsikan sebagai tempat menjalankan Upacara Melasti. Upacara ini adalah sejenis ritual penyucian diri untuk pemeluk Hindu sebagai persiapan menghadapai Hari Raya Nyepi. Karena itu, orang orang sekitar menyebut tempat ini sebagai Pantai Melasti. Selain ritual keagamaan, objek yang terletak di Desa Kutuh ini sering dijadikan ladang pengembangbiakan rumput laut.
Birunya Laut di Pantai Pandawa tampak dari atas
Pembangunan di pantai ini cukup pesat, hingga saat ini Pantai Pandawa tidak lagi didominasi oleh wisatawan asing tetapi wisatawan domestik banyak yang memilih Pantai Pandawa ini sebagai tujuan berliburnya. Pantai ini sangat indah, pengunjung akan dibuat terkesima dan terpesona dengan pemandangan pantai. Anda akan mendapatkan pasir putih yang bersih, serta ombak yang tenang, bebas dari polusi. Maka, tidak heran tempat ini seringkali dijadikan tempat shooting FTV. 
Untuk menuju Pantai Pandawa harus melewati jalanan yang berkelok dengan diapit oleh batu terjal. Di sekitar pantai ini terdapat dua tebing yang sangat besar yang pada salah satu sisinya dipahat lima patung Pandawa dan Kunti. Keenam patung tersebut secarara berurutan (dari posisi tertinggi) diberi nama Dewi Kunti, Dharma Wangsa, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa [3].
Jalanan bertebing dan berkelok menuju Pantai Pandawa
Patung Pandawa di tebing Pantai Pandawa
Pantai Pandawa ini membentang sepanjang sekira 1 kilometer, dengan dibatasi oleh tebing kapur membuat pantai ini sangat diminati oleh wisatawan domestik. Jalan menuju pantai sudah diaspal bagus, tempat parkir juga tersedia luas. [1]

Tiket Masuk
Tiket masuk untuk wisatawan domestik dikenakan tarif Rp. 8.000,00/orang. Bagi Anda yang menggunakan mobil atau motor pribadi dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 5.000,00/mobil dan Rp. 2.000,00/motor. [1,2, 4]. Tempat parkirnya cukup luas dan dekat dengan lokasi pantai.

Aktivitas di Pantai Pandawa
Di pantai Pandawa, kita dapat menikmati keindahan pantai dan beraktivitas lainnya seperti pijat di Pandawa Spa, makan, bermain kano, bermain paralayang/paragliding, berfoto, berselancar, dll.
Pijat Tradisional dan Spa
Menikmati keindahan Pantai Pandawa sambil pijat refleksi dan spa menambah suasana liburan makin seru dan menghilangkan rasa capek di badan. Harga jasa pijat tradisional dan spa di sini berkisar antara Rp 40.000,0 s.d. Rp 140.000,00 tergantung jenis massage-nya. [1,2]. Ada beberapa tipe jenis massage disini, yaitu Balinese massage, pijat refleksi kaki, pijat relaksasi, Pandawa massage, Shiatsu massage, manicure, pedicure, dll.
Pijat di Pantai Pandawa
Bermain Kano
Kano adalah sebuah perahu kecil dan sempit yang disediakan untuk bermain di laut sambil menikmati pemandangan di bawah laut. Petugas pantai juga menyediakan pelampung sebagai bentuk pengamanan agar wisatawan tidak tenggelam. 
Tarif untuk bermain Kano adalah Rp. 25.000,00 untuk Single Kano dengan durasi 1 jam dan Rp50.000,00 untuk Double Kano yang bisa digunakan untuk 2 orang dengan durasi 1 jam bermain. Selain itu, jaket pelampung juga dikenakan biaya seharga 20.000 per jam untuk satu orang. Untuk penyewaan sun deck + payung, biaya sewanya Rp 50.000. Mohon dicatat, harga sewa kano diatas dapat berubah kapan saja tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya.
Tempat Makan
Makanan yang tersedia di Pantai Pandawa sangat beragam. Banyak warung makanan di pinggir pantai yang siap memanjakan lidah Anda. Di sini, tersedia aneka makanan olahan laut (seafood, ikan), ayam bakar, mie goreng, dll dan beberapa jenis makanan barat.
Segeerrr! Es teh manis

Selfie di tepi pantai


Pantai Pandawa dilihat dari spot atas
Berjemur dan Bersantai di Pantai
Jika anda ingin menikmati suasana pantai di bawah sinar matahari sambil berjemur, banyak yang menyewakan kursi berjemur berserta payung yang berjejer rapi di tepi pantai. Tersedia juga celana pendek, bikini, dan kain untuk berjemur.  Biaya sewa sebesar Rp. 50.000 untuk payung dan kursi santai selama 3 jam. Wisatawan juga dapat menikmati es kelapa untuk menambah suasana sejuk di bawah sinar matahari, tersedia juga pelayan pantai yang dapat melayani wisatawan jika membutuhkan sesuatu.
Yuk, berjemur di Pantai Pandawa
Berselancar
Bagi yang gemar berselancar dengan ombak, maka Pantai Pandawa merupakan pilihan yang tepat. Pantai ini memiliki ombak yang cocok untuk berselancar atau surfing. Gulungan ombak yang tinggi dan konsisten sudah menjadi favorit bagi peselancar yang datang terutama bagi turis asing. Maka tidak heran banyak turis asing yang banyak berselancar di sini. Pantai ini akan ramai dikunjungi oleh peselancar saat musim hujan atau sekitar bulan Oktober hingga bulan April, karena gelombang yang cukup besar dan menantang.
Bermain Paragliding/Paralayang
Ingin menikmati pemandangan Pantai Pandawa dari atas? Bisa mencoba paragliding/paralayang. Karena disekitar pantai terdapat tebing dan didukung oleh hembusan angin yang sejuk, menyempurnakan bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana Pantai dari atas. Biayanya sekitar Rp450.000 untuk wisatawan domestik dan $73 untuk wisatawan asing. Nantinya kamu akan didampingi pemandu bersertifikat saat terbang.
Untuk bermain paralayang ini, kita perlu pergi ke Bukit Timbis dulu yang berjarak 4 km dari destinasi ini. Disini paling tidak ada 3 penyedia jasa paralayang bersertifikat yang bisa membantumu melakukan atraksi adu nyali ini.
Waktu terbaik untuk melakukan paralayang antara pagi atau sore. Kamu akan bisa melihat birunya langit dan air laut dipadu kokohnya tebing tebing serta bentangan hijau ladang rumput laut yang menyejukan mata.
Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabdikan berbagai momen di Pantai Pandawa. Selamat berlibur.

Wisata Indonesia #3
Wisata Bali
Pandawa Beach
Alamat: Desa Kutuh, Badung, Kuta Selatan, Bali
Koordinat GPS: 8.845474°S 115.185014°E atau -8.844808,115.1777707,15




Referensi:
[1] https://www.water-sport-bali.com/pantai-pandawa/
[2] https://www.nativeindonesia.com/pantai-pandawa/
[3] https://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Pandawa
[4] https://www.pikniek.com/indonesia/pantai-pandawa-bali/

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here