Movie Time: Sunyi - Mustofa Abi Hamid Official Site

Update

Saturday, April 20, 2019

Movie Time: Sunyi

Mulai postingan kali ini, saya membuat rubrik "Movie Time" yaitu perjalanan cerita saya menonton film di bioskop bersama istri. Saya selalu menjadwalkan bersama istri untuk menonton film berdua di bioskop layaknya muda-mudi yang masih pacaran. Sekalian mengingat romantisme saat kami masih muda dulu. #eh

Saya bersama istri nonton di bioskop Cinemaxx Mall of Serang
Pekan ini, Jumat (19/04/2019), saya bersama istri menonton film "Sunyi". Film ini bergenre horor yang diadaptasi dari film horor Korea, "Whispering Corridors (2005)". Film ini digarap atas kolaborasi antara MD Pictures dan Pichouse Films dengan Xing Xing, Studio Invictus, Mixx Entertainment, dan CJ Entertainment (bekerjasama dengan Korea Selatan dan Cina). Film ini digarap oleh Manoj Punjabi sebagai produser dan Awi Suryadi sebagai sutradara. 

Film ini mengisahkan kematian beruntun yang terjadi di sekolah Abdi Bangsa. Plot waktu di film ini terjadi pada tahun 2000 saat Alex Pranoto (Angga Aldi) berhasil masuk SMA Abdi Bangsa, sekolah unggulan yang menjadi impian siswa. Tersiar rumor, bahwa dulu pada tahun 1990 ada 3 siswa yang meninggal akibat dibully oleh seniornya. Kehidupan di sekolah sangat tidak menyenangkan bagi Alex yang notabene sebagai siswa baru kelas 1. Budaya senioritas masih sangat kental di sekolah itu. Setiap hari Alex di-bully para seniornya kelas 2 dan kelas 3. Di sekolah ini, siswa kelas 1 dianggap sebagai "budak", kelas 2 sebagai "manusia" dan kelas 3 sebagai "raja/dewa".  Perundungan itu tidak hanya dialami oleh Alex, tapi juga Maggie (Amanda Rawles), teman satu kelas Alex. Yang awalnya hidup Alex suram, semuanya jadi lebih menyenangkan karena pertemuannya dengan Maggie. Dirinya merasa punya teman seperjuangan yang juga mengerti bagaimana perasaannya sebagai siswa yang ditindas. Bersama-sama mereka mulai saling bertemu dan menghabiskan waktu bersama di sekolah. Maggie dan Alex sering berbagi cerita karena mereka sama-sama sering di-bully. Lama kelamaan mereka menjadi akrab dan menjadi sahabat. Suatu hari para senior Alex, Andre (Arya Vasco), Erika (Naomi Paulinda), dan Fahri (Teuku Rizki) melihat Alex sering memakai kalung yang tampak aneh.

Mereka kemudian tahu Alex adalah anak paranormal dan memintanya untuk melakukan ritual pemanggilan arwah. Setelah ritual dilakukan, kejadian-kejadian aneh mulai terjadi, namun senior Alex tetap membully nya. Satu persatu siswa yang membully Alex di sekolah itu meninggal dunia. Pertama, Fahri, dia mengikuti orang yang menyerupai oleh Erika naik ke atap gedung sekolah. Ternyata, yang diikutinya adalah hantu yang menyerupai Erika. Fahri pun didorong dari atas gedung dan terlempar jatuh hingga tewas seketika. 

Kejadian berikutnya menimpa Erika, saat latihan berenang, Erika terjatuh dari papan seluncur dari atas kolam renang karena ada hantu di depannya yang mencelakainya hingga menyebabkan Erika tewas di kolam renang sekolah. Akibat kematian Fahri dan Erika, kemudian Andre mencari Alex untuk dimintai pertanggung jawaban atas kematian keduanya. Andre menganggap Alex yang menyebabkan kematian Fahri dan Alex.

Akhirnya, Alex mencari tahu teka-teki kematiannya di sekolah tersebut dengan mencari data siswa angkatan 1990 di perpustakaan. Di situ ternyata, Maggie sebenarnya adalah hantu siswa angkatan 1990 yang meninggal akibat dibully oleh seniornya. Maggie yang di malam itu akan membunuh Andre pun dilarang oleh Alex. Akhirnya, tahun berikutnya, budaya bully pun dihilangkan oleh Alex dan teman-temannya. Selain Amanda Rawles dan Angga Aldi, Sunyi dibintangi Unique Priscilla, Verdi Solaiman, Dayu Wijanto, Sonia Alyssa dan Abarrane.
Supaya tidak spoiler, silakan menonton di bioskop kesayangan anda!
Nilai film: 7/10

1 comment:

Post Top Ad

Responsive Ads Here