Pentingnya Proposal Penelitian - Mustofa Abi Hamid Official Site

Update

Friday, December 27, 2019

Pentingnya Proposal Penelitian

Proposal memegang peranan penting sebagai rencana yang akan dilakukan. Berarti proposal penelitian merupakan perencanaan kegiatan penelitian yang akan dilakukan. Kegiatan penelitian ini tentunya juga didasari oleh adanya permasalahan (latar belakang masalah), identifikasi masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, kajian teori, kerangka pikir, hingga metodologi penelitian yang diuraikan secara rinci dan rigid. Dengan adanya proposal penelitian, kegiatan penelitian yang akan dilakukan tersebut menjadi gamblang dan mudah dipahami karena ada perencanaan dan panduan/rambu-rambu secara lengkap yang termaktub dalam proposal tersebut. Bahkan, funding atau penyandang dana penelitian pun harus melihat dan menyeleksi proposal penelitian yang paling rasional, terbaik, terperinci, jelas, dan sistematis.

Maka, akan terdengar sangat lucu, jika ada proposal penelitian yang dianggap sebelah mata. Ah, hanya proposal, baru proposal, bikin aja dulu, dan uangkapan-ungkapan lain yang memandang sebelah mata sebuah proposal penelitian. 
Kebetulan jika saya yang diberi wewenang sebagai penguji atau reviewer proposal penelitian tersebut, maka saya akan "habisi" jika tidak bisa mempertahankan argumentasinya dan mempertanggungjawabkan tulisan proposal penelitiannya. :-) Maka, buatlah proposal dengan sebaik-baiknya!

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad