Pesan Prof. Gwo-Jen Hwang untuk Para Peneliti Pemula - Mustofa Abi Hamid's Blog

Update

Saturday, November 18, 2023

Pesan Prof. Gwo-Jen Hwang untuk Para Peneliti Pemula

Saya menemukan artikel menarik dari sebuah laman resmi kampus National Taiwan University of Science and Technology (NTUST/Taiwan Tech) yang berisi petikan wawancara dengan Prof. Gwo-Jen Hwang. Beliau adalah professor bidang Digital Learning di Graduate Institue of Digital Learning and Education, NTUST. Beliau adalah ilmuwan top dunia di bidang Digital Learning, Game-based Learning, e-learning, dll dengan jumlah publikasi di International journal bereputasi tinggi sebanyak 543 publikasi artikel jurnal dan memiliki h-index 75 di Scopus (per 18 Nov 2023). Luar biasa! Dalam setahun, beliau menghasilkan publikasi artikel sebanyak 4 artikel per bulan. Wow sangat produktif sekali. 

Prof. Gwo-Jen Hwang

Ada saran yang beliau sampaikan untuk para peneliti pemula terkait dengan publikasi ilmiah untuk mengawali karir sebagai peneliti.

  1. Menilai inovasi, signifikansi, makna, dan kontribusi dalam penelitian
    Suatu penelitian harus bisa memberikan kontribusi keilmuan yang signifikan. Pertama tentu harus mampu menilai inovasi dari suatu topik penelitian, apakah itu signifikan dan bermakna. Ini dapat membantu menghindari kegiatan yang menghabiskan banyak waktu untuk sesuatu yang pada akhirnya tidak akan menghasilkan hasil yang baik.
  2. Desain penelitian
    Mencakup bagaimana merancang eksperimen dengan benar sehingga peneliti lain dapat melakukan peninjauan/pemeriksaan dan benar-benar memverifikasi apa yang ingin Anda buktikan melalui penelitian tersebut. 
  3. Penulisan akademik
    Menulis artikel ilmiah dapat dimulai dengan membaca makalah berkualitas tinggi terlebih dahulu. Dengan sendirinya ini merupakan cara untuk mengajarkan kepada para peneliti bagaimana mempresentasikan argumen mereka secara meyakinkan melalui tulisan ilmiah. 
  4. Mengirimkan artikel (submit) ke jurnal internasional bereputasi tinggi dan berfaktor dampak
    Mengirimkan makalah untuk publikasi dan bagaimana menanggapi komentar reviewer. Pengajuan tidak pernah 100% sempurna sejak awal, melainkan melalui proses peninjauan dan menggabungkan saran dari para reviewer yang berbeda sehingga penulis melakukan perbaikan pada sebuah artikel tersebut. Bisa jadi Anda akan merasa kecil hati dengan komentar reviewer, tetapi komentar yang diberikan tersebut untuk membantu Anda meningkatkan kualitas tulisan. 

Demikian, semoga kita --terutama saya-- dapat mengikuti jejak beliau sebagai peneliti top dunia dengan kontribusi jumlah publikasi dan hasil penelitian yang signifikan. 

Yogyakarta, 18 November 2023

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad