Alternatif Jalur Mudik ke Metro – Lampung: Tahun 2018 Bisa Lewat Tol Sumatera - Mustofa Abi Hamid Official Site

Update

Monday, June 11, 2018

Alternatif Jalur Mudik ke Metro – Lampung: Tahun 2018 Bisa Lewat Tol Sumatera

#CeritaMudik2018 #MudikAsik2018. Tahun 2018 ini merupakan tahun ketiga saya bekerja sebagai dosen di salah satu PTN di Kota Serang, Banten. Setiap libur lebaran idulfitri saya sudah pasti ikut dalam golongan “musafir” sebagai pemudik. Untuk meningkatkan kenyamanan dan mengurai kemacetan, Pemerintah RI setiap tahun terus melakukan perbaikan dan pembangunan infrastruktur untuk masyarakat dengan menyediakan berbagai alternatif moda transportasi yang bisa dipilih oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhannya.Yang berbeda, tahun 2018 ini ada tambahan jalur mudik baru, yaitu lewat Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).
Gerbang Tol Bakauheni Utara

    Bagi pemudik dari Kota Serang/Tangerang ke arah Sumatera, ada berbagai jalur alternatif mudik yang dapat dipilih, diantaranya:
     
     1.  Transportasi Udara
Bagi yang memilih transportasi udara, berangkat melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Berhubung saya dari Kota Serang, maka saya harus melakukan perjalanan darat terlebih dahulu dari Kota Serang ke Bandara Internasional Soekarno–Hatta menggunakan Bus Damri Bandara. Tarif Bus Damri dari Kota Serang ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebesar Rp60.000,- saja, sangat terjangkau.
Damri Bandara Soekarno - Hatta
Sebelumnya, calon penumpang dapat memilih maskapai penerbangan terlebih dahulu. Sebaiknya, tiket pesawat dibooking jauh-jauh hari, biasanya harga lebih murah, atau dapat juga memanfaatkan tiket promo bila ingin harga yang lebih  murah.
Untuk tarif maskapai penerbangan domestik dari Jakarta – Lampung berkisar antara Rp 300 ribu s.d. Rp 2 juta. Silakan dipilih sesuai kebutuhan, kenyamanan, pilihan kelas, fasilitas, dll.
Bandara Radin Inten II Lampung
Maskapai yang dapat dipilih diantaranya: Garuda Indonesia, Citilink, Batik Air, Lion Air, Sriwijaya Air, NAM Air, AirAsia.

     2.    Transportasi Darat dan Laut
Bagi yang memilih transportasi darat dan laut, tahun 2018 ini ada beragam pilihan, yaitu melalui jalur tol Tangerang – Merak, kemudian masuk kapal laut, naik dari Pelabuhan Merak dan turun di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan. Setelah turun dari kapal di Pelabuhan Bakauheni dapat masuk ke jalur tol yang baru, yaitu Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).
Tarifnya? Untuk tarif tol Serang Timur – Merak sebesar Rp16.000,-. Tarif naik kapal dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni dengan membawa mobil pribadi yaitu Golongan IVa - Mobil/Sedan (≤5m) sebesar Rp374,000. Pilihan kapalnya banyak, tetapi KMP (Kapal Motor Penumpang) ada yang bagus dan ada kapal yang sudah cukup tua. Kalo saya pribadi suka naik KMP dari PT. Dharma Lautan Utama (DLU). Kapalnya bagus, nyaman, semua tipe kelas ber-AC dan gratis, banyak hiburannya serta tempat tidur yang nyaman dan tentunya gratis. Banyak fasilitas yang diberikan, bahkan sudah pernah diliput oleh media televisi nasional. Bisa juga dibaca di blog ini: http://www.nichealeia.com/2016/03/dharma-kencana-ix-laksana-menyeberangi-lautan-dengan-kapal-pesiar.html dan blog ini: http://atemalem.com/kapal-laut-mewah-di-selat-sunda/Untuk kapal lain, biasanya setiap pindah kelas ke ruang kelas bisnis atau VIP dikenakan tarif tambahan per orang.
Salah satu sudut ruangan KMP dari PT. Dharma Lautan Utama (DLU)
Turun dari kapal di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan dapat memilih jalur jalan lintas Sumatera, yaitu lintas Timur, lintas Tengah atau Lintas Barat. Untuk tahun 2018 ini ada tambahan jalur tol dengan tarif tol masih digratiskan selama mudik 2018.
Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang sudah selesai dibangun pada jalur Bakauheni (Lampung Selatan)-Terbanggi Besar (Lampung Tengah). Jalur tersebut baru bisa digunakan oleh para pemudik sepanjang 14 km saja, yakni Bakauheni-Desa Hatta sepanjang 9km, dan Lematang-Kotabaru sepanjang 5 km. Dari 140 km ruas jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang sudah beroperasi adalah satu ruas dari KM 0 sampai KM 9 Pelabuhan Bakauheni menuju Desa Hatta. Ruas kedua yakni menuju Lematang-Kotabaru.
Gerbang Tol Kotabaru Lampung
Tarif ruas tol tersebut hingga saat ini masih gratis sampai ada keputusan lebih lanjut dari Kementerian PUPR. Terkait penerangan lampu jalan telah lolos uji dan layak operasi, sehingga perlengkapan rambu lalu lintas dan lampu jalan sudah disiapkan.
Meskipun belum semua ruas tol tersambung, setidaknya dapat membantu pemudik melewati tol gratis. Semoga mudik tahun depan (2019), dapat dilalui dari Bakauheni sampai Metro dan Bakauheni sampai Kotabumi. InsyaAllah tahun depan mudiknya ke Metro, Batanghari Lampung Timur dan Kotabumi Lampung Utara. J
           Lalu, bagaimana bagi pemudik yang menggunakan trannsportasi umum? Pilihannya, pertama dari Terminal Pakupatan Serang atau menunggu di Patung Kemang/KSB, naik bus Arimbi atau Primajasa ke Merak dengan tarif Rp10.000,- kemudian turun di Terminal Merak, jalan kaki menuju loket kapal di Pelabuhan Merak. Untuk orang dewasa tarifnya Rp15.000,-. Kemudian naik ke kapal mengikuti instruksi dari petugas yang mengarahkan penumpang untuk menuju ke dermaga. Perjalanan penyebrangan kurang lebih selama 2,5 jam. Setelah turun dari kapal di Pelabuhan Bakauheni lalu menuju ke terminal bus. Naik bus ke arah terminal Rajabasa, tarifnya Rp30.000,- untuk bus AC dan Rp25.000,- untuk bus non-AC. Yang mau naik travel juga bisa dengan tarif Rp45.000,-. Turun di Terminal Rajabasa kemudian nyambung lagi naik bus jurusan Rajabasa – Kota Metro dengan tarif Rp15.000,-.
Jadi alternatif transportasi yang dapat dipilih dari Kota Serang ke Metro dengan tarifnya (terendah) adalah:
1. Jika menggunakan pesawat, maka tarifnya: Damri Serang – Bandara (Rp60.000,-) + tiket pesawat (Rp300.000,-) +  bus Metro (Rp15.000,-) = Rp. 375.000,- (tarif terendah)
2.   Jika menggunakan mobil pribadi lewat tol, tarifnya: Tol Serang Timur – Merak (Rp16.000,-) + kapal penyebrangan (Rp374.000) = Rp 390.000,- (belum termasuk bahan bakar mobil)
3.  Jika menggunakan motor pribadi, tarifnya: kapal penyebrangan (Rp50.300,-) belum termasuk bensin
4.    Jika menggunakan bus umum, tarifnya: bus Arimbi/Primajasa Serang – Merak (Rp10.000,-) + kapal penyebrangan (Rp15.000,-) + bus Bakauheni – Rajabasa (Rp30.000,-) + bus Rajabasa – Metro (Rp 15.000,-) = Rp70.000,-  
Sangat terjangkau, ‘kan? Mari kita berkunjung ke Kota Metro – Lampung. Selamat berlibur, selamat mudik, selamat lebaran idul fitri. Mohon maaf lahir batin.

Batanghari – Lampung, 11 Juni 2018.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here